RO tentang OPERASIONAL PERUSAHAAN

by dessycemil , at 20.47 , have 0 komentar

EKONOMI MANAJEMEN


BAB I
PENDAHULUAN

A.Riset Operasi                                                         
1.Definisi  Riset Operasi
a.Definisi 1:
Riset Operasi adalah penerapan metode-metode ilmiah terhadap masalah-masalah rumit yang muncul dalam pengarahan dan pengelolaan dari suatu sistem besar manusia,mesin,bahan dn uangdalam industri,bisnis,pemerintah dan pertahanan.(Operasional Research Society of Great Britain)
b.Definisi 2:
Riset Operasi berkatan dengan menentukan pilihan secara ilmiah bagaimana merancang dan menjalankan sistem manusia-mesin secara terbaik,biasanya membutuhkan alokasi sumberdaya yang langka.(Operation Research Society of American)
c.Definisi 3:
Riset Operasi adalah seni memberikan jawaban buruk terhadap masalah-masalah yang jika tidak memiliki jawaban yang lebih buruk.(T.L Saaty)
d.Definisi 4:
Riset adalah pedekatan dalam pengambilan keputusan yang ditandai dengan penggunaan pengetahuan ilmiah usaha kelompok antara disiplin yang bertujuan menentukan penggunaan terbaik sumbr daya yang terbatas.(Hamdi A.Taha)
e.Definisi 5:
Riset Operasi dalam arti luas dapat diartikan sebagai penerapan metode-metode,tehnik-tehnik dan alat-alat terhadap masalah-masalah yang menyangkut operasi-operasi dari sistem-sistem sedemikian rupa sehangga memberikan penyelesaian optimal.(Churchman Ackoff,dan Arnoff)
2.Pengertian Riset Operasi
            Riset operasi adaalah penetapan metode  ilmiah untuk memecahkan masalah yang timbul dalam pelaksanaan kegiatan sehangga penggunaan sumbernya dapat optimal dan efisien.Metode yang digunakan dalam riset operasi diantaranya adalah pemodelan teori probabilitas,simulasi,teori antrian,alokasi sumber daya,jaringan kerja,transportasi dan penugasan,pengedalian,persediaan,serta analisis keputusan.

B.MODEL RISET OPERASI
Model adalah abstraksi atau penyederhanaan realitas sistem yang kompleks dimana hanya komponen-komponen yang relevan atau faktor-faktor yang dominan dari masalah yang dianalisis diikutsertakan.Ia menunjukkan hubungan-hubungan dari aksi dan reaksi dalam pengertian sebab dan akibat.Salah satu alasan pembentukan model adalah untuk menentukan variabel-variabel apa yang penting.Penemuan variabel-variabel yang penting itu berkaitan erat dengan penyelidikan.Penyelidikan yang ada diantara variabel-variabl itu.Tehnik-tenik kuantitatif seperti statistik dan simulasi digunakan untuk menyelidiki hubungan yang ada,diantara banyak variabel dalam suatu model.Model dapat diklasifikasikan dalam banyak cara,misalnya menurut jenisnya,dimensinya,fungsinya,tujuannya,subjeknya,atau derajt abstraksinya.Criteria yang paling biasa adalah jenis model.Jenis dasar itu meliputi:
1.      Iconic (Physical) Model
Adalah suatu penyajian fisik yang tampak seperti aslinya dari suatu sistem nyata dengan skala yang berbeda.Contohnya model ini adalah mainan anak-anak,potret,histogram,market dan lain-lain.
2.      Analoque Model
Lebih abstrak dibanding model iconic,karena tak kelihatan sama ntara model dengan sistem nyata.Contohnya jaringan pipa tempat air mengalir dapat digunakan dengan pengertian yang sama sebagai sistem distribusi aliran listrik.
3.      Mathematic (Symbolic) Model
Model ini sifatnya paling abstrak.Menggunakan seperangkat simbol methematic untuk menunjukkan komponen-komponen (dan hubungan antara mereka) dari sistem nyata.Namun sistem nyata tidak selalu dapat diekspresikan dalam rumusan mathematic.Model ini dapat dibedakan menjadi deterministic dan probabilistik.Model deterministik dibentuk dalam situasi kepastian (certainly).Model ini memerlukan penyederhanaan-penyederhanaan dari realitas karena kepastain jarang terjadi.Model probabilistic meliputi kasus-kasus dimana  diasumsikan ketidak pastian (uncertainly).



BAB II
PEMBAHASAN

A.LATAR BELAKANG PERUSAHAAN
1.Perusahaan PT.Carvil Abadi
PT.Carvil Abadi adalah perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur pembuatan sepatu dan sandal yang mulai berdiri pada bulan November tahun 1988.PT.Carvil Abadi berlokasi di Jln.Muara Baru Kompleks Pergudangan Nilakan di No.5-6,Penjaringan,Jakarta Utara.Modal dasar yang digunakan dalam mendirikan perusahaan berasal dari modal sendiri.Untuk saat ini PT.Carvil Abadi masih merupakan perusahaan yang mana seluruh saham dipegang oleh keluarga pemilik.
            PT.Carvil Abadi merupakan salah satu produsen sepatu dan sandal lokal terbesar di Indonesia,PT.Carvil Abadi memiliki tujuan untuk menghasilkan sepatu dan sandal yang berkualitas dan memilki nilai tinggi.PT.Carvil Abadi memilki kapasitas produksi dari 1300 sampai dengan 2000 pasang per harinya dan memiliki segmen pasar golongan masyarakat kelas menengah.Namun,PT.Carvil Abadi selaku produsen sepatu dan sandal juga memiliki ancaman,misalnya pesaing dari perusahaan yang bergerak dibidang yang sama seperti Bata.Untuk itu PT.Carvil Abadi memiliki komitmen untuk memberi yang terbaik agar dapat memuaskan konsumen.
2.Visi dan Misi Perusahaan
a.       Visi:“Menjadi salah satu produsen pembuatan alas kaki yang berkualitas dan bermutu di Indonesia”.
b.      Misi:
1)      Mengembangkan produk alas kaki sesuai perkembangan zaman dan model yang ada.
2)      Meningkatkan kinerja karyawan sehangga dapat menjadi perusahaan yang berkompeten dibidangnya.
3)      Menjalin hubungan dan komitmen yang baik dengan konsumen.

B.STRUKTUR ORGANISASI PERUSAHAAN
            Struktur organisasi adalah suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian serta posisi yang ada pada suatu organisasi tau perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasional untuk mencapai tujuan.Struktur organisasi menggambarkan dengan jelas pemisahan kegiatan pekerjaan antara yang satu dengan yang lain dan bagaimana hubungan aktifitas dan fungsi dibatasi.
1.Berikut adalah struktur organisasi dari PT.Carvil Abadi:
a.       General Manajer-Manajer Marketing dan R&D-Manajer Pembelian -Manajer Keuangan dan Accounting -Manajer HRD-Manajer Pergudangan -Manajer IT
b.      Staff Keuangan-Staff-Staff-Staff
c.       Direktur Utama PT.Carvil Abadi-Staff Accounting-Staff
2.Diskripsi struktur organisasi yang terdapat pada PT.Carvil Abadi:
a.General Manajer:
Kepala dari seluruh bagian divisi manajer.General Manajer bertugas untuk memeriksa laporan dari seluruh bagian divisi manajer dan kemudian melaporkannya kepada Direktur Utama.
b.Manajer Marketing dan R&D:
Memiliki tugas sebagai berikut:
1)      Merencanakan dan mengkoordinir pelaksanaan tugas dan pengembangan.
2)      Mengajukan usulan penelitian untuk dapat menciptakan produk yang baru.
3)      Bertanggung jawab terhadap perolehan hasil penjualan dan penggunaan dana promosi.
c.Manajer Pembelian:
Memiliki tugas untuk program pembelian dan mengkoordinasikan proses pelaksanaan pembelian dan pengangkutan hasil penjualan.Dan juga mengusahakan tehnik-tehnik lain dalam pembelian untuk mendapatkan bahan baku yang berkualitas tinggi dan menguntungkan.
d.Manajer Keuangan dan Accounting:
Memiliki tugas sebagai berikut:
1)      Menyusun dan mengendalikan laporan keuangan berdasarkan pencatatan yang telah dilakukan dan menyajikan tepat pada waktunya
2)      .Menyusun laporan keuangan dan laporan operasi lainnya.
3)      Bertanggung jawab atas pengawasan kas.
4)      Bertanggung jawab atas segala aktifitas yang berhubungan dengan keuangan perusahaan.
5)      Mengesahkan penerimaan dan pengeularan kas.
6)      Bertanggung jawab mengenai pelaporan pajak,menghitung biaya produksi,pejualan dan administrasi.
e.Manajer HRD(Human Resource Development):
Bertanggung jawab terhadap pengelolaan Sumber Daya Manusia dalam sebuah organisasi.Pengelolaan dari Sumber Daya Manusia organisasi memiliki beberapa aspek yaitu:
1)      Seleksi dan perekrutan
2)      Pelatihan dan pengembangan
3)      Kompensasi
4)      Manajer Kinerja
5)      Perencanaan karir
6)      Hubungan karyawan

Masing-masing aspek inilah yang akan menopang kinerja HR dalam organisasi untuk dapat menghasilkan SDM berkualitas untuk menjawab kebutuhan bisnis dalam organisasi.
f.Manajer Pergudangan:
Memiliki tugas sebagai berikut:
1)      Mengawasi transaksi penerimaan dan pengeluaran barang gudang.
2)      Mengkoordinasi penjagaan dan pengawasan secara fisik terhadap barang gudang.
3)      Menjaga sistem penerimaaan dan pengeluaran barang gudang.
4)      Mengkoordinasikan jadwal pengiriman barang yang dijual kepada langganan agar tepat waktu.
g.Manajer IT:
Bertugas menetapkan kebijakan dan strategi pengembangan serta pengelolaan SI dan TI(Perangkat keras dan Perangkat lunak komputer)memelihara dan mengawasi penggunaan SI dan TI.
h.Staff:
Memiliki tugas untuk menjalankan tugas sebagaimana telah ditentukan atau ditetapkan oleh manajer masing-masing divisi dan bertanggug jawab atas tugas itu.
i.Direktur Utama:
Bertugas memeriksa laporan yang diberikan oleh General Manajer sebagai tolak ukur kemajuan perusahaan.Selain itu Direktur Utama juga bertugas sebagai penanggung jawab perusahaan untuk segala aspek dan memantau perkembangan perusahaan.
3.Jam Kerja Perusahaan PT.Carvil Abadi
            PT.Carvil Abadi beroperasi selama 9 jam dalam 5 hari,dimana pekerja diliburkan pada hari Sabtu dan Minggu.Jam kerja yang diterapkan juga berbeda dalam 5 hari bekerja.Jadwal kerja yang diterapkan dalam perusahaan PT.Carvil Abadi adalah sebagai berikut:
Senin-Kamis    :07.30-16.30
Jum’at             :07.30-17.00
                        (30 menit lebih telat karena terpotong ibadah sholat Jum’at)
4.Pengumpulan Data Pada Perusahaan PT.Carvil Abadi
            Pengumpulan data dilakukan pada 23 stasiun kerja dimana setiap stasiun kerja dilakukn pengamatan sebanyak 30 kali.Setelah pengumpulan data selesai,tahap selanjutnya adalah pengelolaan data.Dimana pengelolaan data mencangkup keseragaman data,perhitungan uji kecukupan data,perhitungan waktu normal dan waktu baku,serta perhitungan keseimbangan lini.



BAB III
PENUTUP

Pada perusahaaan ini diharapkan bahwa pemegang saham dan para pengurus perusahaan bisa mengendalikan laju perusahaan yang semakin tahun akan semakin maju dan semakin banyak peminat sepatu dan sandal Carvil produksi PT.Carvil Abadi.Selain itu juga diharapkan bisa menyaingi atau mempertahankan kualitas diantara banyak pesaing yang sekarang juga lebih banyak dan lebih menonjolkan kualitas-kualitas yang sangat bagus.
Dalam kalangan pasar penjualan sepatu dan sandal saat ini memang sangat ramai para produsen yang sedang merebutkan peminat para konsumennya.Dimana para produsen berlomba-lomba mendapatkan konsumen yang banyak agar pejualan bisa naik dengan cepat.Maka dari itu operasional perusahaan dalam memproduksi tidak boleh lengah agar kualitas sepatu dan sandal tetap terjaga.




DAFTAR PUSTAKA



dessycemil
RO tentang OPERASIONAL PERUSAHAAN - written by dessycemil , published at 20.47 . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

Translate

histats

My Blog List

Daftar Blog

info

Copyright ©2013 EKONOMI MANAJEMEN by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger