KATA PENGANTAR
             Segala puji bagi Tuhan Yang Maha Esa,karena
atas bimbingan,petunjuk,serta kemudahan yang diberikan oleh-Nya kami dapat
menyelesaikan tugas Manajaman Pemasaran dengan lancar.Sehingga tugas ini bisa
terselesaikan tepat waktu.Penyusunan tugas ini sebagai wujud tanggung jawab
kami menjadi mahasiswa.
            Tugas ini disusun berdasarkan referensi yang ada dan
informasi dari pembimbing.Dengan harapan dapat menambah pengetahuan dan
menambah nilai tugas yang diberikan.Pada mata kuliah Manajemen Pemasaran ini
dapat mempelajari banyak cara promosi yang diterapkan oleh banyak para
produsen.
            Isi yang terkandung dalam tugas ini adalah tentang
promosi dalam pemasaran.Yang dimana akan menguraikan tentang fungsi
promosi,strategi promosi,tujuan promosi,dan cara promosi. 
Dalam
makalah ini kami berharap isi yang terkandung bisa bermanfaat bagi para pembaca
dan bisa menambah wawasan pengetahuan.Kami menyadari bahwa didalam tugas ini
terdapat kekurangan-kekurangan dan jauh dari apa yang kami harapkan.Untuk
itu,kami berharap adanya kritik dan saran demi perbaikan dalam pembuatan tugas
selanjutnya,mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa sarana yang
membangun.
Ucapan
terimakasih juga kami ucapkan pada pihak yang sudah banyak membantu dalam
terbentuknya tugas ini.Sehingga tugas ini bisa selesai tepat waktu.Dan semoga
tugas ini bisa bermanfaat bagi para pembaca.
Kediri,Nopember 2014
Penyusun
DAFTAR
ISI
Cover
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB
I :Pendahuluan
A.    Latar
Belakang
B.     Rumusan
Masalah
C.     Tujuan
Penulisan 
D.    Manfaat
Penulisan
BAB
II            :Pembahasan
A.   
Pengertian Promosi
B.    
Fungsi Promosi
C.    
Strategi Promosi
D.   
Tujuan Promosi
E.    
Cara Promosi
F.      Contoh
Promosi
BAB
III:Penutup
A.   
Kesimpulan
B.    
Saran
C.     Daftar Pustaka
BAB I
PENDAHULUAN
A.LATAR BELAKANG
Promosi
berasal dari bahasa inggris “promote” yang berarti meningkatkan atau
mengembangkan.pangertian tersebut bila digunakan dalam bidang penjualan berarti
alat alat untuk meningkatkan omzet penjualan.Pengertian promosi dapat dipandang
berbeda dalam hal produsen dan konsumen.Bagi produsen promosi adalah kegiatan
untuk menginformasikan produk atau jasa,membujuk konsumen untuk membeli serta
meningkatkan para konsumen untuk tidak melupakan produk.Sementara bagi konsumen
pengertian promosi adalah komunikasi antara produsen dan konsumen.Kegiatan
promosi adalah salah satu cara perusahaan barang atau jasa untuk meningkatkan
volume penjualan produknya.
Pengertian
promosi menurut beberapa para ahli,yaitu:
1.     
Menurut Stanton (1993)
Promosi
adalah kegiatan memberikan informasi kepada konsumen,memengaruhi dan menghimbau
khalayak ramai.
2.     
Menurut Saladin (2003)
Promosi
adalah satu unsur dalam bauran pemasaran perusahaan yang didayagunakan untuk memberitahukan,mengingatkan
dan membujuk konsumen tentang produk perusahaan.
3.     
Menurut Swatha (1991)
Promosi
adalah arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan
seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam
pemasaran.
4.     
Menurut Zimmerer (2002)
Promosi
adalah segala macam bentuk komunikasi persuasi yang dirancang untuk
mengiformasikan pelanggan tentang produk atau jasa dan untuk memengaruhi mereka
agar membeli barang dan jasa tersebut yang mencangkup publisitas,penjualan
perorangan dan periklanan.
Jadi dari pengertian
diatas dapat disimpulkan bahwa promosi merupakan kegiatan pemasaran dan
penjualan dalam rangka menginformasikan dan mendorong permintaan terhadap
produk,jasa dan ide dari perusahaan dengan cara memengaruhi para konsumen agar
mau membeli produk dan jasa yang ihasilkan oleh perusahaan.
B.RUMUSAN
MASALAH
1.     
Apa pengertian promosi dalam pemasaran?
2.     
Apa fungsi promosi dalam pemasaran?
3.     
Bagaimana strategi promosi dalam
pemasaran?
4.     
Apa tujuan promosi dalam pemasaran?
5.     
Bagaimana cara promosi?
C.TUJUAN
PENULISAN
            Penulisan makalah ini secara umum bertujuan untuk:
1.     
Supaya lebih mengerti pengertian promosi
dalam pemasaran.
2.     
Menambah pengetahuan tentang promosi
dalam pemasaran.
3.     
Supaya mengetahui fungsi promosi dalam
pemasaran.
4.     
Supaya mengetahui strategi promosi dalam
pemasaran.
5.     
Supaya mengetahui tujuan promosi dalam
pemasaran.
6.     
Supaya lebih mengerti cara promosi dalam
pemasaran.
D.MANFAAT
PENULISAN
            Makalah ini ditulis untuk menambah wawasan para pembaca
agar lebih mengetahui ilmu promosi dalam pemasaran.Yang dimana ada tujuan yang
harus dicapai dalam melakukan sebuah promosi,selain itu juga mengetahui tentang
strategi promosi yang diterapkan.Dan lebih mengetahui cara-cara promosi yang
harus selalu dterapkan. 
BAB II
PEMBAHASAN
A.PENGERTIAN
PROMOSI
            Promosi
adalah aktivitas komunikasi dari pemilik produk atau pemegang hak menjual atas
suatu produk yang ditujukan kepada khalayak umum,dengan maksud dan tujuan untuk
mengenalkan atau memberitahukan produk,merek produk,atau perusahaan,untuk
membujuk atau memengaruhi khalayak umum agar mau membeli serta menggunakan
produk,serta untuk mengingatkan kepada khalayak tentang produk,merek,atau
perusahaan.
Definisi atau pengertian promosi adalah:
Aktifitas promosi,dari pemilik produk atau pemegang
hak untuk menjual atas suatu produk Ditujukan kepada khalayak umum atau orang
banyak. Dengan maksud atau tujuan pertama untuk mengenalkan atau memberitahukan
produk,merek produk,atau peruahaan. Maksud dan tujuan kedua untuk membujuk atau
memengaruhi khalayak umum agar mau membeli serta menggunakan produk. Maksud dan
tujuan ketiga untuk mengingatkan kembali kepada khalayak umum atau pembeli
tentang produk,merek produk atau perusahaan. Jadi promosi tidak hanya dilakukan
atas produk,namun perusahaan juga perlu dipromosikan. Hal ini agar khalayak
umum juga mengenal serta mengingat perusahaan dari produk yang dibelinya. Sehingga,jika
pada suatu waktu tertentu mengeluarkan merek baru atau produk baru orang akan
lebih mudah mengingatnya. Namun sebelum mengambil keputusan melakukan promosi
untuk perusahaan,membangun segala sesuatu yang berhubungan suatu perusahaan
sangatlah penting. Karena promosi dalam waktu yang kurang atau bahkan tidak
tepat akan bisa menghancurkan usaha. Promosi bisa dilakukan dengan berbagai
macam cara dan media.Baik itu cara yang biasa atau cara yang unik,baik itu
media yang sudah umum digunakan sampai media yang benar-benar baru. Namun isi
dari promo atau iklan haruslah sesuai dengan kebenaran isi hati.
B.FUNGSI
PROMOSI
            Promosi
merupakan bagian penting dari strategi pemasaran,karena promosi digunakan
pemasar dalam menginformasikan dan mempengaruhi atau pihak lain sehingga
konsumen tertarik untuk melakukan transaksi atau pertukaran produk dan jasa
yang dipasarkannya. Untuk menetapkan trategi promosi  penjualan,maka terlebih dahulu harus
mengetahui fungsi promosi sebagai berikut:
1.      Informing
(memberikan informasi)
Promosi membuat
konsumen sadar akan produk-produk baru,mendidik mereka tentang berbagai fitur
dan manfaat merek,serta memfasilitasi penciptaan citra semuah perusahaan yang
menghasilkan produk atau jasa.
2.      Persuading
(membujuk)
Media promosi atau
iklan yang baik akan mampu mempersuasi pelanggan untuk mencoba produk dan jasa
yang ditawarkan.Terkadang persuasi berbentuk mempengaruhi permintaan
primer,yakni menciptakan permintaan bagi keeluruhan kategori produk.
3.      Reminding
(mengingatkan)
Iklan menjaga merek
perusahaan tetap segar dalam ingatan para konsumen.
4.      Adding
Value (menambah nilai)
Promosi yang efektif
menyebabkan merek dipandang lebih elegan,lebih bergaya,lebih bergengsi dan
dapat lebih unggul dari tawaran pesaing.Dengan cara inovasi,penyempurnaan
kualitas atau merubah persesi konsumen.
5.      Assiting
(mendampingi upaya-upaya lain perusahaan)
Iklan merupakan salah satu alat
promosi,iklan dapat mengawasi proses penjualan produk-produk perusahaan dan
memberikan pendahuluan yang bernilai bagi wiraniaga sebelum melakukan kontrak
personal dengan para pelanggan yang prospektif.
C.STRATEGI
 PROMOSI
            Prof.Philip
Kotler (dalam Kartajaya,1992:37) memberikan singkatan pada strategi penggunaan
Public Relation ini dengan istilah P-E-N-C-I-L-S,yang diuraikan sebagai
berikut:
1.      Publication
(publikasi)
Perusahaan dapat
mengusahakan penerbitan-penerbitan tertentu untuk meningkatkan citra
perusahaan.
2.      Event
(kegiatan)
Event yang dirancang
secara tepat dapat mencapai suatu tujuan public relation tertentu.
3.      News
(pemberitaan)
Semua usaha dilakukan
supaya aktivitas tertentu dari perusahaan menjadi bahan berita di media masa.
4.      Comunity
Involvement (kepedulian pada masyarakat)
Perusahaan berusaha
akrab dan ramah pada masyarakat disekatarnya. Hal ini terutama perlu pada saat
sebuah cabang suatu perusahaan didirikan di daerah baru.
5.      Identity
Media (penggunaan media sebagai identitas)
Semua stationary yang
dipakai,mulai dari kartu nama,kertas maupun amplop harus dibuat sedemikian rupa
sehingga dapat meningkatkan citra suatu perusahaan. Selain itu identity media
juga dapat diterapkan pada sarana atau prasarana lain,seperti gedung,mobil
pengangkut barang dan lain sebagainya.
6.      Lobbying
(mempengaruhi)
Kontak
pribadi yang dilakukan secara informal untuk mencapai tujuan tertentu.      
7.      Social
Invesment (investasi sosial)
Perusahaan dapat
merebut hati masyarakat yang ditujunya dengan melakukan partisipasi sosial
seperti pembangunan jembatan,masjid,taman fasilitas umum lainnya.
D.TUJUAN
PROMOSI
Sebagai efek dari komunikasi,yaitu:
1.      Category
Need
Menumbuhkan
persepsi pelanggan terhadap suatu kebutuhan.
2.      Brand
Awareness
Memperkenalkan dan
memberikan pemahaman tentang suatu produk kepada konsumen.
3.      Brand
Attitude
Mendorong
pemilihan terhadap suatu produk.
4.      Brand
Purchase Intention
Membujuk
pelanggan untuk membeli suatu produk.
5.      Purchase
Facilitation
Mengimbangi
kelemahan unsur bauran pemasaran lain.
6.      Positioning
Menanamkan
citra produk dan perusahaan.
E.CARA
PROMOSI
1.      Melalui
e-mail
2.      Melalui
sms
3.      Melalui
pembicaraan
4.      Melalui
media sosial
5.      Melalui
iklan
6.      dll
F.CONTOH
PROMOSI
1.CONTOH I:
Di contoh kasus yang ini,promosi menggunakan
program referral. Detailnya seperti ini,Anda punya proyek properti dengan
program angsuran 16 bulan tanpa bunga. Dan Anda memberitahukan ke seluruh
pembeli bahwa apabila mereka mereferensi kepada 1 rekan untuk ikut beli
properti Anda, maka angsuran bulan terakhir dibebaskan. Bila mereka
mereferensikan kepada 2 teman atau saudara yang mau beli, maka angsuran 2 bulan
terakhir free.Dengan promosi seperti ini,maka Anda akan punya  tim penjualan yang sangat dahsyat karena
mereka akan mempromosikan properti Anda dengan gencar.
2.CONTOH II:
Contoh lain dari promosi penjualan adaah menggunakan
teknik free sample.Yaitu dengan memberikan gratis produk atau jasa dalam ukuran
yang lebih kecil kepada calon konsumen.Contoh promosi penjualan semacam ini
akan memberikan efek yang positif dan terbukti meningkatkan pembeli coba-coba
pada produk Anda. Penyebabnya sederhana, mereka sudah merasakan produk Anda. 
Asal produk Anda benar-benar dahsyat dan dibutuhkan
oleh mereka,Anda akan mendapatkan pembeli yang akan memborong produk Anda.Dan
apabila mereka puas,mereka akan mempromosikannya kepada teman Anda tanpa Anda
perlu mengeluarkan biaya pemasaran.
BAB
III
PENUTUP
A.KESIMPULAN    
Promosi adalah
aktivitas komunikasi dari pemilik produk atau pemegang hak menjual atas suatu
produk yang ditujukan kepada khalayak umum,dengan maksud dan tujuan untuk
mengenalkan atau memberitahukan produk,merek produk,atau perusahaan,untuk
membujuk atau memengaruhi khalayak umum agar mau membeli serta menggunakan
produk,serta untuk mengingatkan kepada khalayak tentang produk,merek,atau
perusahaan. Promosi merupakan bagian penting dari strategi pemasaran,karena
promosi digunakan pemasar dalam menginformasikan dan mempengaruhi atau pihak
lain sehingga konsumen tertarik untuk melakukan transaksi atau pertukaran produk
dan jasa yang dipasarkannya.Dimana promosi memiliki fungsi,diantaranya:
Informing (memberikan informasi),Persuading (membujuk), Reminding
(mengingatkan), Adding Value (menambah nilai), Assiting (mendampingi
upaya-upaya lain perusahaan).Promosi juga memiliki tujuan yaitu: menumbuhkan
persepsi pelanggan terhadap suatu kebutuhan, memperkenalkan dan memberikan
pemahaman tentang suatu produk kepada konsumen,mendorong pemilihan terhadap
suatu produk, membujuk pelanggan untuk membeli suatu produk, mengimbangi
kelemahan unsur bauran pemasaran lain,dan menanamkan citra produk dan
perusahaan.Dimana cara promosi yang biasa dilakukan yaitu:melalui
e-mail,melalui sms,melalui pembicaraan,melalui media sosial,melalui iklan,dll.
B.SARAN
            Setiap
perusahaan diharuskan melakukan promosi agar semua yang berkaitan dengan
perusahaan bisa lebih dikenal oleh khalayak umum.Apabila perusahaan selalu
melakukan promosi sesuai produknya maka masyarakat bisa mengerti apabila
perusahaan menampilkan atau menciptakan produk baru.Tanpa harus melakukan
perkenalan yang berlebihan terhadp produk baru yang diciptakan perusahaan
tersebut. 
DAFTAR ISI
1.      http://merdeka40e.blogstudend.mb.ipb.ac.rd/2012/02/23/promosi-merupakan-bagian-penting-pemasaran/



Aplikasi Pembukuan Keuangan Sederhana
Oh ya, sekedar informasi aja nih. Bagi yang membutuhkan Sewa Genset Syncronize Jakarta untuk keperluan event atau lainnya bisa coba menghubungi kami dari Arthur Teknik.
Terima kasih ya min.
Salam blogger.