PROMOSI DALAM MANAJEMEN PEMASARAN

by dessycemil , at 23.21 , have 3 komentar

KATA PENGANTAR

             Segala puji bagi Tuhan Yang Maha Esa,karena atas bimbingan,petunjuk,serta kemudahan yang diberikan oleh-Nya kami dapat menyelesaikan tugas Manajaman Pemasaran dengan lancar.Sehingga tugas ini bisa terselesaikan tepat waktu.Penyusunan tugas ini sebagai wujud tanggung jawab kami menjadi mahasiswa.
            Tugas ini disusun berdasarkan referensi yang ada dan informasi dari pembimbing.Dengan harapan dapat menambah pengetahuan dan menambah nilai tugas yang diberikan.Pada mata kuliah Manajemen Pemasaran ini dapat mempelajari banyak cara promosi yang diterapkan oleh banyak para produsen.
            Isi yang terkandung dalam tugas ini adalah tentang promosi dalam pemasaran.Yang dimana akan menguraikan tentang fungsi promosi,strategi promosi,tujuan promosi,dan cara promosi.
Dalam makalah ini kami berharap isi yang terkandung bisa bermanfaat bagi para pembaca dan bisa menambah wawasan pengetahuan.Kami menyadari bahwa didalam tugas ini terdapat kekurangan-kekurangan dan jauh dari apa yang kami harapkan.Untuk itu,kami berharap adanya kritik dan saran demi perbaikan dalam pembuatan tugas selanjutnya,mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa sarana yang membangun.
Ucapan terimakasih juga kami ucapkan pada pihak yang sudah banyak membantu dalam terbentuknya tugas ini.Sehingga tugas ini bisa selesai tepat waktu.Dan semoga tugas ini bisa bermanfaat bagi para pembaca.
                                                           
Kediri,Nopember 2014

Penyusun



DAFTAR ISI

Cover
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB I :Pendahuluan
A.    Latar Belakang
B.     Rumusan Masalah
C.     Tujuan Penulisan
D.    Manfaat Penulisan
BAB II            :Pembahasan
A.    Pengertian Promosi
B.     Fungsi Promosi
C.     Strategi Promosi
D.    Tujuan Promosi
E.     Cara Promosi
F.      Contoh Promosi
BAB III:Penutup
A.    Kesimpulan
B.     Saran
C.     Daftar Pustaka

BAB I
PENDAHULUAN

A.LATAR BELAKANG
Promosi berasal dari bahasa inggris “promote” yang berarti meningkatkan atau mengembangkan.pangertian tersebut bila digunakan dalam bidang penjualan berarti alat alat untuk meningkatkan omzet penjualan.Pengertian promosi dapat dipandang berbeda dalam hal produsen dan konsumen.Bagi produsen promosi adalah kegiatan untuk menginformasikan produk atau jasa,membujuk konsumen untuk membeli serta meningkatkan para konsumen untuk tidak melupakan produk.Sementara bagi konsumen pengertian promosi adalah komunikasi antara produsen dan konsumen.Kegiatan promosi adalah salah satu cara perusahaan barang atau jasa untuk meningkatkan volume penjualan produknya.
Pengertian promosi menurut beberapa para ahli,yaitu:
1.      Menurut Stanton (1993)
Promosi adalah kegiatan memberikan informasi kepada konsumen,memengaruhi dan menghimbau khalayak ramai.
2.      Menurut Saladin (2003)
Promosi adalah satu unsur dalam bauran pemasaran perusahaan yang didayagunakan untuk memberitahukan,mengingatkan dan membujuk konsumen tentang produk perusahaan.
3.      Menurut Swatha (1991)
Promosi adalah arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.
4.      Menurut Zimmerer (2002)
Promosi adalah segala macam bentuk komunikasi persuasi yang dirancang untuk mengiformasikan pelanggan tentang produk atau jasa dan untuk memengaruhi mereka agar membeli barang dan jasa tersebut yang mencangkup publisitas,penjualan perorangan dan periklanan.
Jadi dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa promosi merupakan kegiatan pemasaran dan penjualan dalam rangka menginformasikan dan mendorong permintaan terhadap produk,jasa dan ide dari perusahaan dengan cara memengaruhi para konsumen agar mau membeli produk dan jasa yang ihasilkan oleh perusahaan.

B.RUMUSAN MASALAH
1.      Apa pengertian promosi dalam pemasaran?
2.      Apa fungsi promosi dalam pemasaran?
3.      Bagaimana strategi promosi dalam pemasaran?
4.      Apa tujuan promosi dalam pemasaran?
5.      Bagaimana cara promosi?

C.TUJUAN PENULISAN
            Penulisan makalah ini secara umum bertujuan untuk:
1.      Supaya lebih mengerti pengertian promosi dalam pemasaran.
2.      Menambah pengetahuan tentang promosi dalam pemasaran.
3.      Supaya mengetahui fungsi promosi dalam pemasaran.
4.      Supaya mengetahui strategi promosi dalam pemasaran.
5.      Supaya mengetahui tujuan promosi dalam pemasaran.
6.      Supaya lebih mengerti cara promosi dalam pemasaran.

D.MANFAAT PENULISAN
            Makalah ini ditulis untuk menambah wawasan para pembaca agar lebih mengetahui ilmu promosi dalam pemasaran.Yang dimana ada tujuan yang harus dicapai dalam melakukan sebuah promosi,selain itu juga mengetahui tentang strategi promosi yang diterapkan.Dan lebih mengetahui cara-cara promosi yang harus selalu dterapkan.

BAB II
PEMBAHASAN

A.PENGERTIAN PROMOSI
            Promosi adalah aktivitas komunikasi dari pemilik produk atau pemegang hak menjual atas suatu produk yang ditujukan kepada khalayak umum,dengan maksud dan tujuan untuk mengenalkan atau memberitahukan produk,merek produk,atau perusahaan,untuk membujuk atau memengaruhi khalayak umum agar mau membeli serta menggunakan produk,serta untuk mengingatkan kepada khalayak tentang produk,merek,atau perusahaan.
Definisi atau pengertian promosi adalah:
Aktifitas promosi,dari pemilik produk atau pemegang hak untuk menjual atas suatu produk Ditujukan kepada khalayak umum atau orang banyak. Dengan maksud atau tujuan pertama untuk mengenalkan atau memberitahukan produk,merek produk,atau peruahaan. Maksud dan tujuan kedua untuk membujuk atau memengaruhi khalayak umum agar mau membeli serta menggunakan produk. Maksud dan tujuan ketiga untuk mengingatkan kembali kepada khalayak umum atau pembeli tentang produk,merek produk atau perusahaan. Jadi promosi tidak hanya dilakukan atas produk,namun perusahaan juga perlu dipromosikan. Hal ini agar khalayak umum juga mengenal serta mengingat perusahaan dari produk yang dibelinya. Sehingga,jika pada suatu waktu tertentu mengeluarkan merek baru atau produk baru orang akan lebih mudah mengingatnya. Namun sebelum mengambil keputusan melakukan promosi untuk perusahaan,membangun segala sesuatu yang berhubungan suatu perusahaan sangatlah penting. Karena promosi dalam waktu yang kurang atau bahkan tidak tepat akan bisa menghancurkan usaha. Promosi bisa dilakukan dengan berbagai macam cara dan media.Baik itu cara yang biasa atau cara yang unik,baik itu media yang sudah umum digunakan sampai media yang benar-benar baru. Namun isi dari promo atau iklan haruslah sesuai dengan kebenaran isi hati.
   
B.FUNGSI PROMOSI
            Promosi merupakan bagian penting dari strategi pemasaran,karena promosi digunakan pemasar dalam menginformasikan dan mempengaruhi atau pihak lain sehingga konsumen tertarik untuk melakukan transaksi atau pertukaran produk dan jasa yang dipasarkannya. Untuk menetapkan trategi promosi  penjualan,maka terlebih dahulu harus mengetahui fungsi promosi sebagai berikut:
1.      Informing (memberikan informasi)
Promosi membuat konsumen sadar akan produk-produk baru,mendidik mereka tentang berbagai fitur dan manfaat merek,serta memfasilitasi penciptaan citra semuah perusahaan yang menghasilkan produk atau jasa.
2.      Persuading (membujuk)
Media promosi atau iklan yang baik akan mampu mempersuasi pelanggan untuk mencoba produk dan jasa yang ditawarkan.Terkadang persuasi berbentuk mempengaruhi permintaan primer,yakni menciptakan permintaan bagi keeluruhan kategori produk.
3.      Reminding (mengingatkan)
Iklan menjaga merek perusahaan tetap segar dalam ingatan para konsumen.
4.      Adding Value (menambah nilai)
Promosi yang efektif menyebabkan merek dipandang lebih elegan,lebih bergaya,lebih bergengsi dan dapat lebih unggul dari tawaran pesaing.Dengan cara inovasi,penyempurnaan kualitas atau merubah persesi konsumen.
5.      Assiting (mendampingi upaya-upaya lain perusahaan)
Iklan merupakan salah satu alat promosi,iklan dapat mengawasi proses penjualan produk-produk perusahaan dan memberikan pendahuluan yang bernilai bagi wiraniaga sebelum melakukan kontrak personal dengan para pelanggan yang prospektif.

C.STRATEGI  PROMOSI
            Prof.Philip Kotler (dalam Kartajaya,1992:37) memberikan singkatan pada strategi penggunaan Public Relation ini dengan istilah P-E-N-C-I-L-S,yang diuraikan sebagai berikut:
1.      Publication (publikasi)
Perusahaan dapat mengusahakan penerbitan-penerbitan tertentu untuk meningkatkan citra perusahaan.
2.      Event (kegiatan)
Event yang dirancang secara tepat dapat mencapai suatu tujuan public relation tertentu.
3.      News (pemberitaan)
Semua usaha dilakukan supaya aktivitas tertentu dari perusahaan menjadi bahan berita di media masa.
4.      Comunity Involvement (kepedulian pada masyarakat)
Perusahaan berusaha akrab dan ramah pada masyarakat disekatarnya. Hal ini terutama perlu pada saat sebuah cabang suatu perusahaan didirikan di daerah baru.
5.      Identity Media (penggunaan media sebagai identitas)
Semua stationary yang dipakai,mulai dari kartu nama,kertas maupun amplop harus dibuat sedemikian rupa sehingga dapat meningkatkan citra suatu perusahaan. Selain itu identity media juga dapat diterapkan pada sarana atau prasarana lain,seperti gedung,mobil pengangkut barang dan lain sebagainya.
6.      Lobbying (mempengaruhi)
Kontak pribadi yang dilakukan secara informal untuk mencapai tujuan tertentu.     
7.      Social Invesment (investasi sosial)
Perusahaan dapat merebut hati masyarakat yang ditujunya dengan melakukan partisipasi sosial seperti pembangunan jembatan,masjid,taman fasilitas umum lainnya.

D.TUJUAN PROMOSI
Sebagai efek dari komunikasi,yaitu:
1.      Category Need
Menumbuhkan persepsi pelanggan terhadap suatu kebutuhan.
2.      Brand Awareness
Memperkenalkan dan memberikan pemahaman tentang suatu produk kepada konsumen.
3.      Brand Attitude
Mendorong pemilihan terhadap suatu produk.
4.      Brand Purchase Intention
Membujuk pelanggan untuk membeli suatu produk.
5.      Purchase Facilitation
Mengimbangi kelemahan unsur bauran pemasaran lain.
6.      Positioning
Menanamkan citra produk dan perusahaan.

E.CARA PROMOSI
1.      Melalui e-mail
2.      Melalui sms
3.      Melalui pembicaraan
4.      Melalui media sosial
5.      Melalui iklan
6.      dll


F.CONTOH PROMOSI
1.CONTOH I:
Di contoh kasus yang ini,promosi menggunakan program referral. Detailnya seperti ini,Anda punya proyek properti dengan program angsuran 16 bulan tanpa bunga. Dan Anda memberitahukan ke seluruh pembeli bahwa apabila mereka mereferensi kepada 1 rekan untuk ikut beli properti Anda, maka angsuran bulan terakhir dibebaskan. Bila mereka mereferensikan kepada 2 teman atau saudara yang mau beli, maka angsuran 2 bulan terakhir free.Dengan promosi seperti ini,maka Anda akan punya  tim penjualan yang sangat dahsyat karena mereka akan mempromosikan properti Anda dengan gencar.
2.CONTOH II:
Contoh lain dari promosi penjualan adaah menggunakan teknik free sample.Yaitu dengan memberikan gratis produk atau jasa dalam ukuran yang lebih kecil kepada calon konsumen.Contoh promosi penjualan semacam ini akan memberikan efek yang positif dan terbukti meningkatkan pembeli coba-coba pada produk Anda. Penyebabnya sederhana, mereka sudah merasakan produk Anda.
Asal produk Anda benar-benar dahsyat dan dibutuhkan oleh mereka,Anda akan mendapatkan pembeli yang akan memborong produk Anda.Dan apabila mereka puas,mereka akan mempromosikannya kepada teman Anda tanpa Anda perlu mengeluarkan biaya pemasaran.


BAB III
PENUTUP


A.KESIMPULAN   
Promosi adalah aktivitas komunikasi dari pemilik produk atau pemegang hak menjual atas suatu produk yang ditujukan kepada khalayak umum,dengan maksud dan tujuan untuk mengenalkan atau memberitahukan produk,merek produk,atau perusahaan,untuk membujuk atau memengaruhi khalayak umum agar mau membeli serta menggunakan produk,serta untuk mengingatkan kepada khalayak tentang produk,merek,atau perusahaan. Promosi merupakan bagian penting dari strategi pemasaran,karena promosi digunakan pemasar dalam menginformasikan dan mempengaruhi atau pihak lain sehingga konsumen tertarik untuk melakukan transaksi atau pertukaran produk dan jasa yang dipasarkannya.Dimana promosi memiliki fungsi,diantaranya: Informing (memberikan informasi),Persuading (membujuk), Reminding (mengingatkan), Adding Value (menambah nilai), Assiting (mendampingi upaya-upaya lain perusahaan).Promosi juga memiliki tujuan yaitu: menumbuhkan persepsi pelanggan terhadap suatu kebutuhan, memperkenalkan dan memberikan pemahaman tentang suatu produk kepada konsumen,mendorong pemilihan terhadap suatu produk, membujuk pelanggan untuk membeli suatu produk, mengimbangi kelemahan unsur bauran pemasaran lain,dan menanamkan citra produk dan perusahaan.Dimana cara promosi yang biasa dilakukan yaitu:melalui e-mail,melalui sms,melalui pembicaraan,melalui media sosial,melalui iklan,dll.

B.SARAN
            Setiap perusahaan diharuskan melakukan promosi agar semua yang berkaitan dengan perusahaan bisa lebih dikenal oleh khalayak umum.Apabila perusahaan selalu melakukan promosi sesuai produknya maka masyarakat bisa mengerti apabila perusahaan menampilkan atau menciptakan produk baru.Tanpa harus melakukan perkenalan yang berlebihan terhadp produk baru yang diciptakan perusahaan tersebut.


DAFTAR ISI




dessycemil
PROMOSI DALAM MANAJEMEN PEMASARAN - written by dessycemil , published at 23.21 . And have 3 komentar
3 komentar Add a comment
Blogger Medan - aizeindra.id
saya sangat tertarik dengan artikel ini, beruntung sekali menemukan artikel ini dipencarian, semoga menambah referensi saya tentang belajar online marketing
Reply Delete
Arthur Teknik
Infonya bermanfaat banget, makasih ya.
Oh ya, sekedar informasi aja nih. Bagi yang membutuhkan Sewa Genset Syncronize Jakarta untuk keperluan event atau lainnya bisa coba menghubungi kami dari Arthur Teknik.

Terima kasih ya min.
Salam blogger.
Reply Delete
Cancel Reply
GetID

Translate

histats

My Blog List

Daftar Blog

info

Copyright ©2013 EKONOMI MANAJEMEN by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger